Dosen Program Studi  Manajemen Universitas Pasir Pengaraian  jadi Mentor Program Desa Mandiri Energi Pertamina Foundation

Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian jadi Mentor Program Desa Mandiri Energi Pertamina Foundation



Rokan Hulu - Pertamina Foundation baru-baru ini meresmikan program pembiayaan bertema “Desa Energi Berdikari Sobat Bumi 2023” yang bertujuan untuk mendorong desa-desa di Indonesia mencapai ketahanan dan kemandirian energi. Program ini akan didampingi oleh para mentor dari berbagai latar belakang.

Salah satu mentor yang terpilih dalam program ini adalah Arfianti Novita Anwar, S.IP, M.M, seorang dosen dari Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Dengan latar belakang pendidikan di bidang manajemen, Ibu Arfianti dipercaya dapat membimbing desa-desa binaan dalam mengelola program energi agar berjalan secara mandiri dan berkelanjutan.

“Saya sangat antusias ketika ditunjuk menjadi mentor desa dalam program Sobat Bumi ini. Ini merupakan kesempatan bagi saya untuk berkontribusi menerapkan ilmu manajemen dalam pengembangan desa mandiri energi,” ujar Ibu Arfianti.

Pertamina Foundation memberikan pembiayaan sebesar Rp 91 Juta terpilih di seluruh Indonesia dalam program Sobat Bumi 2023 ini. Pembiayaan ini dapat dimanfaatkan desa untuk membangun infrastruktur energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya, biogas, maupun energi angin.

Para mentor seperti Ibu Arfianti bertugas untuk mendampingi desa dalam perencanaan program, pengelolaan dana, hingga pembangunan kemandirian energi. Diharapkan bantuan pembiayaan dan pendampingan ini dapat mendorong tumbuhnya desa-desa tangguh dan mandiri di Indonesia.